Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Gamgado.com - Mungkin anda pernah berfikir bagaimana cara melakukan pengecekan status mahasiswa, baik itu yang aktif, maupun yang sudah tidak aktif. Setiap orang yang sudah resmi menjadi mahasiswa, sudah pastinya namanya akan tercantum.

Setiap mahasiswa yang pernah maupun yang baru masuk di perguruan tinggi akan diinput semua data dirinya, dan disimpan pada situs resmi, yang dapat dikunjungi via online pada setiap platfrom browser yang ada di perangkat anda.

Didalam skematik perguruan tinggi, terdapat yang namanya sistem pengumpulan data yang berisikan file mahasiswa yang aktif maupun yang sudah tidak aktif. Juga berisikan data tentang Dosen yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan kepada anda bagaimana cara mengecek status mahasiswa dengan mudah. Terdapat beberapa metode yang nantinya bisa digunakan, anda bisa memilih salah satu diantaranya, yuk simak sampai selesai.

Cara Mengecek Status Mahasiswa

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Menurut informasi yang berhasil kami kumpulkan, terdapat 2 cara untuk mengecek status mahasiswa via Online, Yang pertama melalui website dengan alamat forlap.ristekdikti.go.id, dan yang kedua bisa dibuka melalui alamat situs pddikti.kemdikbud.go.id.

Kedua alamat situs tersebut dapat anda akses untuk mencari nama dan juga data lengkap mahasiswa. Anda dapat mengunjungi halaman resminya sesuai dengan yang sudah disediakan oleh oknum yang berwenang. Untuk selengkapnya sudah kami sediakan dibawah ini.

1. Via forlap.ristekdikti.go.id

Situs pertama yang dapat anda gunakan adalah forlap.ristekdikti.go.id. Halaman ini akan memberikan akses kepada siapa saja yang masih terkait sebagai seorang mahasiswa. Nantinya anda diarahkan untuk melihat atau mengecek status mahasiswa anda saat ini.

  1. Langsung saja buka dan kunjungi alamat situs resminya
  2. Kemudian anda akan masuk pada halaman pencarian
  3. Disini terdapat 3 menu yang tampil, yaitu pengaman, perguruan tinggi dan kata kunci
  4. Selanjutnya anda bisa memasukan data diri yang sesuai dengan yang anda miliki
  5. Seperti Perguruan Tinggi, anda bisa mengisinya dengan nama Universitas
  6. Lalu untuk bagian study, silahkan anda masukan Jurusan kuliah yang diambil
  7. Selanjutnya kebagian kolom keamanan, juga wajib untuk diisi
  8. Masukan NIM (Nomor Induk Siswa), bisa juga dengan nama lengkap
  9. Konfirmasi dengan kode keamanan pada kolom pengaman
  10. Jika sudah, langsung saja anda tap menu Cari Mahasiswa
Jika anda berhasil mengikuti caranya diatas dengan benar, maka secara otomatis akan muncul data lengkap mahasiswa yang anda cari. Misalnya anda mencari data diri anda sendiri, maka akan tampil Nama mahasiswa, NIM, Perguruan tinggi, jenjang dan juga Program studi.

Silahkan anda cari dan temukan nama anda, kemudian klik pada menu nama mahasiswa. Jika data anda masih ada, maka secara otomatis layar anda akan menampilkan profile lengkap mahasiswa seperti nama lengkap, status mahasiswa, NIM, riwayat studi dan masih banyak lagi.

Perlu anda ketahui, bahwa semua data yang tampil pada halaman resmi RISTEKDIKTI merupakan data yang benar dan sesuai. Jadi, tidak waktu bagi anda dan juga pihak pengelola website untuk mempermasalahkan kebenaran data tersebut tanpa izin dari perguruan tinggi.

2. Via pddikti.kemdikbud.go.id

Untuk cara keduanya bisa anda lakukan dengan cara mengunjungi alamat situs resmi pddikti.kemdikbud.go.id pada menu browser yan gterdapat di perangkat ponsel pintar maupun dektop. Sebenarnya metodenya juga hampir sama, tidak ada yang berbeda.

  1. Langsung saja buka browser anda dan kunjungi alamat situs tersebut
  2. Akan tampil sebuah kolom pencarian pada halaman utama
  3. Silahkan diisi dengan Nomor Induk Mahasiswa yang anda miliki
  4. Jika sudah, silahkan tap pada bagian cari atau search
  5. Kemudian situs akan menampilkan data mahasiswa yang anda cari
  6. Silahkan gulir layar kebawah, lalu tap pada nama mahasiswa
  7. Selanjutnya klik pada menu status mahasiswa untuk mengecek masih aktif atau tidak
  8. Halaman akan menampilkan semua data dan juga status mahasiswa yang anda cari
Bagaimana sobat bangsa mahasiswa, sangat mudah sekali bukan. Dengan begitu, anda sebagai mahasiswa aktif maupun tidak aktif dapat mengetahui status mahasiswa dengan detail dan terperinci, semua data tersebut valid dan benar.

Kerugian Mahasiswa Yang Tidak Terdaftar Di DIKTI

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Kami yakin kedua cara diatas dapat membantu anda yang ingin mengecek status mahasiswa aktif. Sudah semestinya setiap mahasiswa terdaftar di Dikti, namun beberapa individu seharusnya merasa rugi, jika namanya tidak terdaftar sebagai mahasiswa.

Masalah seperti ini juga sering terjadi pada beberapa perguruan tinggi Claster bawah di Indonesia. Hal tersebut menyababkan setidaknya 2 kerugian untuknya, yang besar kemungkinan akan dialami olehnya suatu saat nanti. Apa saja itu, berikut ini selengkapnya.

1. Kesulitan Saat Pengajuan Pindah Kampus

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Setiap mahasiswa seharusnya memahami hal ini, karena tidak ada yang tahu hal apa saja yang akan terjadi didepan nanti. Misalnya saja ketika anda ingin pindah kampus, beberapa data pengajuan akan sulit di kumpulkan karena tidak ada data di Dikti.

Karena Universitas tidak akan pernah mau menerima calon mahasiswa yang bersifat ilegal. Maka dari itu, Pihak pengelola calon mahasiswa baru akan memeriksa semua data yang berhasilkan input dari universitas sebelumnya tempat anda menimba ilmu.

Disini letak masalah besarnya, Jika anda tidak memiliki nama atau data di Dikti, maka anda akan kesulitan saat pengajuan pindah kampus. Hal tersebut sudah menjadi peraturan di setiap perguruan tinggi, yaitu calon mahasiswa harus memiliki data yang lengkap.

2. Kesulitan Mendapatkan Rujukan Beasiswa

Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti

Kesulitan untuk mendapatkan rujukan Beasiswa juga pasti akan dialami nantinya, tentunya hal ini akan menjadi salah satu kerugian yang besar bagi seorang mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, Beasiswa memiliki peran yang sangat penting didalam perguruan tinggi.

Beberapa kasus pembatalan Beasiswa sudah banyak terjadi di Indonesia, hal itu dikarenakan PDDIKTI memiliki peran sebagai rujukan dalam program pemberian Beasiswa kepada setiap mahasiswa yang beruntung, jangan sia-siakan hal ini.

Nah, itulah tadi 2 kerugian jika anda tidak terdaftar di DIKTI. Kami sangat menyarankan teman-teman mahasiswa untuk segera mendaftarkan diri dan menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan. Dengan begitu, 2 kerugian diatas tidak akan anda alami.

Kesimpulan

Baiklah sobat Bangsa mahasiswa semuanya, begitulan informasi mengenai cara mengecek status mahasiswa yang dapat kami bagikan. Kami berharap anda dapat menyerap infromasi diatas dan dapat mempraktekan tutorial seperti yang sudah diberikan diatas.

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan megikuti kami bangsa mahasiswa sampai selesai. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan anda melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibagian bawah artikel ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Status Mahasiswa Dengan Mudah dari Forlap dan Pangkalan Data Dikti"