Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Gamgado.comGaya belajar adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh semua orang, yang akan muncul ketika anda berada di dalam proses pembelajaran, Setiap orang memiliki gaya belajarnya sendiri.

Umumnya, gaya belajar disetiap negara itu berbeda-beda, misalnya saja antara Indonesia dan Jepang. Gaya belajar yang digunakan sangat berbeda sekali, di jepang akan terlihat lebih ketat dibandingkan di Indonesia.

Anak-anak sekolah serta mahasiswa di Jepang diwajibkan untuk belajar seharian penuh, bahkan ada yang sampai larut malam. Peraturan semacam ini sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa di jepang.

Walaupun demikian, anak-anak di jepang bisa tumbuh dan berkembang melalui gaya belajar seperti itu. Karena sistem belajar disana sangat mengedepankan peran mahasiswa bukan guru seperti di Indonesia.

Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, hampir setiap hari guru didepan menjelaskan berbagai ilmu pengetahuan, lalu setiap murid wajib mendengarkan dan mencatat apa saja poin pentingnya.

Setelah beberapa saat, guru akan memberikan sebuah pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran saat itu. Dan gaya belajar seperti inilah yang banyak kita jumpai di sekolahan maupun perguruan tinggi di Indonesia.

Tanpa disadari, bahwa setiap orang menginginkan gaya belajar yang berbeda. Jelas, mereka akan lebih terfokus dan senang selama masa pembelajaran berlangsung. Apakah anda setuju dengan kami?

Pada pembahasan kali ini, kami akan membagikan jenis-jenis gaya belajar serta penjelasan yang sangat mudah untuk anda mengerti. Perlu disimak, dan temukan gaya yang sekiranya sangat cocok dengan anda.

Pengertian Gaya Belajar

Gaya belajar biasa disebut dengan nama Learning style, yang bisa kita artikan sebagai karakteristik, efektif, kognitif serta psikomotiris yang berperan sebagai simbol penting didalam proses belajar mengajar.

Pasa dasarnya, cara belajar atau learning style bisa kita artikan sebagai adaptasi pembelajaran yang akan menghasilkan proses belajar yang lebih baik, terutama bagi setiap mahasiswa atau pelajar.

Hal tersebut akan memperlihatkan kecendrungan gaya belajar setiap individu, dan kita bisa memahami gaya belajar seperti apa yang mereka inginkan. Lalu diiringi dengan kemajuan belajar yang positif.

Pernyataan itu tidak bisa dibantah, karena setiap individu harus diajar menggunakan gaya atau style yang mereka mau. Kemudian secara perlahan, mahasiswa akan menyukai cara guru atau Dosennya menyampaikan.

Namun memahami gaya belajar lebih jauh akan membuat anda sedikit bingung sendiri, setidaknya ada 7 gaya atau style belajar yang informasinya telah kami kumpulkan, tentunya melalui riset yang Valid.

1 Visual

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Gaya belajar visual akan selalu berkaitan dengan yang namnya indra pengelihatan. Mata adalah satu-satunya alat yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar bagi untuk menyerap ilmu yang disampaikan.

Orang-orang yang menginginkan gaya belajar seperti ini cendrung menyukai pelajaran yang berkaitan dengan Desain, warna, bentuk serta segala bentuk imajinasi yang ada dikepalanya, dan itu sangatlah bagus.

Mereka yang memiliki learning style seperti ini akan lebih cocok jika menggunakan gaya belajar visual menggunakan video atau melihat objek secara langsung. Jelas hal tersebut akan memberikan dampak yang positif.

2 Aural

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Aural adalah gaya belajar yang identik dengan indra pendengaran atau telinga dan individu seperti ini lebih dikenal dengan sebutan auditory. Mereka akan lebih berfokus pada sumber suara dan kata-kata yang dikeluarkan oleh guru.

Jadi, duduk diam dan mendengarkan sudah cukup baginya untuk menyerap seluruh informasi yang disampaikan oleh siapapun. Biasanya, orang dengan gaya belajar seperti ini memiliki minat dibidang seni musik yang tinggi.

Jika anda termasuk seperti orang-orang yang tadi dijelaskan, maka belajar dengan cara mendengarkan materi melalui audio atau rekaman suara akan lebih cocok untuk anda, secara otomatis pendengaran anda akan fokus disitu.

3 Verbal

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui
Setiap individu yang dapat menyerap ilmu dengan baik melalui tulisan memiliki gaya belajar yang Verbal. Anda cendrung menyukai tulisan yang berisikan banyak pemahaman didalamnya, kemudian menyimpannya di otak.

Orang-orang seperti ini tidak perlu membaca suatu topik secara berulang-ulang, karena hanya dengan satu kali membaca saja dapat membuat mereka memahami dengan baik, apa inti dari tulisan tersebut.

Biasanya, orang-orang Verbal hobby membaca koran, komix, majalah, puisi, pantun dan masih banyak lagi. Mereka sangat menyukai permainan yang berkaitan dengan kata-kata, misalnya teka-teki silang.

4 Physical

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Physical adalah gaya belajar yang akan selalu berkaitan dengan fisik atau tubuh. Mereka yang memiliki gaya Belajar seperti ini cenderung lebih suka belajar di luar kelas, seperti olahraga dan lain-lain.

Mereka akan lebih cepat memahami suatu pelajaran yang diperagakan oleh alat-alat tertentu misalnya saat belajar tentang materi katrol Fisika. Kita semua tahu, di pelajaran Fisika banyak praktiknya.

Anda perlu mendapatkan banyak pengalaman di luar untuk memahami suatu hal dengan baik. Anda lebih suka belajar mengenai rupa, bentuk, dan juga tekstur yang memiliki banyak warna didalamnya.

5 Logical 

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Beberapa orang akan terlihat lebih unggul dan lebih cepat dalam soalan menghitung dibandingkan teman-teman yang lain, Mereka biasa disebut dengan Logical, atau yang biasa dipanggil si pemikir keras.

Anda memiliki kemampuan untuk melakukan hal yang luar biasa, dan itu diluar nalar atau logika orang lain pada umumnya. Melihat dan menghubungkan berbagai informasi menarik setiap hari adalah hobi anda.

Kemudian berbagai macam model yang anda hubungkan akan menampakkan sebuah detail yang tidak banyak disadari oleh orang lain. Itulah anda, sistematis, problem solving skill dan bisa diandalkan.

6 Sosial

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui

Jika anda lebih suka berdiskusi untuk menemukan dan menentukan sebuah jawaban, serta mengutarakan ide-ide cemerlang, maka anda adalah seseorang interpersonal yang memiliki gaya belajar Sosial.

Membentuk semacam kelompok untuk saling menyampaikan pendapat adalah suatu hal yang sangat anda senangi, benar begitu bukan? Anda juga lebih suka berkonsultasi dan berbagi pengalaman.

Orang-orang dengan gaya belajar seperti ini akan lebih nyaman jika diberikan celah atau kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Seluruh anggota grup akan mendengarkan kata-kata yang anda keluarkan.

7 Solitary

Macam-Macam Gaya dan Karakteristik Belajar Yang Perlu Diketahui
Setiap individu yang lebih suka mempelajari suatu hal dalam keadaan yang hening dan sepi bisa disebut dengan Solitary. Anda dapat mengerjakan dan menyelesaikan soalan yang diberikan dengan sendirian.

Bukannya tidak mau untuk berdiskusi dan menyelesaikan tugas bersama-sama, namun anda butuh kesendirian agar dapat fokus dan dengan mudah menyelesaikan semuanya sendirian, apakah anda termasuk?

Kami melihat banyak anak-anak jaman sekarang yang lebih cenderung kesini, sendiri, menyepi dan memikirkannya sendirian. Karena bagi anda belajar melalui laptop atau buku akan lebih menyenangkan.

Kesimpulan

Baiklah teman-teman sobat bangsa mahasiswa semuanya, itulah tadi 7 gaya belajar yang bisa kami sampaikan untuk anda. Nah, apakah anda sudah termasuk didalamnya? 

Semoga saja informasi ini dapat membawa manfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami hingga selesai.

Jangan lupa untuk memberikan tanggapan anda melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah. Sampaikan pendapat anda mengenai postingan ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak