Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar -

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Membuat Surat Lamaran Kerja Word memang sangat mudah tetapi harus tau apa saja yang harus dicantumkan dalam isi surat lamaran kerja tersebut. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar cepat di terima kerja.

Jika kamu mau melamar kerja pastinya harus membuat surat lamaran terlebih dahulu dengan benar, agar surat lamaran kamu melamar pekerjaan bisa dicermati dan bisa mudah diterima kerja. Kamu bisa membuat Surat Lamaran Kerja Word ini dengan baik dan benar.

Saat ini dengan canggihnya teknologi kamu tidak perlu capek-capek untuk menulis surat lamaran menggunakan tangan, kamu bisa membuatnya menggunakan aplikasi Microsoft Word ini dengan mudah dah efektif. Berikut cara membuat surat lamaran kerja di aplikasi Microsoft Word.

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat Lamaran Kerja adalah kesempatan kamu untuk memberi tahu calon pemberi kerja mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi itu dan bagaimana keterampilan dan keahlian kamu dapat memberi nilai tambah bagi perusahaan. Surat itu harus profesional tetapi menarik dan berfungsi sebagai semacam pengantar.

Buka Aplikasi MS Word dan pilih "New Dokumen"

Cantumkan Persyaratan dan Keterampilan Kamu. Sebelum kamu menulis surat lamaran kamu menggunakan MS Word, buatlah lembar dua kolom. Kemudian, daftarkan persyaratan dan keterampilan kamu atau kualifikasi lainnya. 

Setelah itu, bandingkan keterampilan kamu dengan persyaratan pekerjaan yang ditunjukkan. Ingatlah selalu bahwa kamu memiliki keahlian yang luas. Kamu dapat bernyanyi, menulis, membaca, berbicara, menghitung, dll. Namun, kamu hanya harus memilih yang terbaik. 

Dalam hal ini, kamu harus menentukan yang sesuai. Keterampilan atau kualifikasi yang sesuai yang harus kamu sertakan adalah yang sesuai dengan persyaratan. Melakukan hal itu berguna saat kamu melamar pekerjaan. 

Sesuaikan Font dan Atur Spasi

Saat kamu melanjutkan atau sekaligus, kamu mungkin ingin mengubah font, ukuran, dan gaya. Untuk sebagian besar surat pengantar, Anda ingin menggunakan font yang sama. 

Jika kamu berada di industri yang mengutamakan individualitas dan kreativitas, maka kamu dapat menggunakan satu perubahan atau gaya font (seperti huruf tebal atau miring). Namun, gunakan variasi font dan pemformatan apa pun dengan hemat. Kamu bisa mengatur font atau ukuran font yang cocok untuk Surat Lamaran Kerja yaitu "Times New Roman".

Penspasian, biasanya dalam alamat, sebagian besar template perlu disesuaikan. Alamat harus mencantumkan nama, jabatan, perusahaan, dan alamat penerima, jika item tersebut diketahui. 

Jika orang tersebut tidak dikenal atau jika kamu mengirim surat lamaran tanpa iklan pekerjaan tertentu sebagai referensi, kamu mungkin perlu melakukan sedikit riset atau melakukan beberapa panggilan. 

Letakkan Detail Pribadi Secara Lengkap

Pastikan untuk menempatkan informasi pribadi kamu di bagian paling atas dari surat lamaran kamu. Informasi pribadi kamu meliputi nama lengkap kamu, alamat khusus kamu, nomor telepon, alamat email, situs web kamu sendiri, dan profil situs kerja kamu. 

Karena kamu ingin memudahkan pemberi kerja untuk menghubungi kamu, maka pastikan kamu menunjukkan data pribadi lengkap kamu. Karena dengan mencantumkan data pribadi itu adalah hal penting.

Tentukan Format  

Ada beberapa contoh format surat bisnis seperti full-block, modified-block, semi-block, dll. Bentuk full-block tidak memiliki indentasi sedangkan gaya semi-blok memiliki indentasi. Gaya blok penuh adalah tempat kamu menyelaraskan semua detail dan bagian ke kiri. 

Di sisi lain, gaya blok yang dimodifikasi dan gaya semi-blok tidak membuat indentasi beberapa detail dan bagian ke kiri. Format blok dan semi blok yang dimodifikasi membuat surat kamu terlihat rapi dan teratur. Namun, gaya blok penuh membuat pemindaian mata lancar bagi pembaca kamu. 

Tulis Paragraf Pertama yang Menarik

Terutama ketika kamu seorang lulusan baru yang sedang melamar pekerjaan, pastikan untuk menulis paragraf pertama yang menarik. Diingatkan bahwa manajer perekrutan akan memindai surat lamaran kerja kamu dan dengan cepat memutuskan apakah itu layak untuk disimpan. 

Kamu juga harus memastikan bahwa semua paragraf dalam surat lamaran kamu menarik. Agar kamu dapat membuat paragraf pertama yang persuasif, nyatakan kegembiraan kamu atas tawaran pekerjaan tersebut. 

Kemudian, spesifikkan hal-hal yang membuat kamu tertarik pada pekerjaan itu. Juga, beri tahu manajer perekrutan bahwa kamu tidak hanya akrab dengan pekerjaan itu, tetapi juga sorot betapa pantasnya kamu. 

Jelaskan Bagaimana Kamu Bisa Menjadi Aset

Selalu jawab pertanyaan manajer perekrutan, "Apa untungnya bagi saya?" kamu harus tahu bahwa ada alasan untuk lowongan pekerjaan dan ada masalah yang perlu diselesaikan. 

Ketika membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar kamu juga harus menyatakan bahwa kamu bersedia untuk memecahkan masalah tersebut. Selain keterampilan kamu, sertakan prestasi dan pengalaman kerja kamu yang relevan. Jika memungkinkan, sertakan keterlibatan kepemimpinan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak