Beasiswa S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2023

Sumber: Instagram @BLSDMkominfo

GAMGADO.COM-Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali menawarkan Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri tahun 2023 sebagai salah satu bentuk komitmen Kementerian dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Program ini merupakan bagian dari percepatan Transformasi Digitalisasi Nasional yang meliputi 4 (empat) sektor strategis, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

Program Beasiswa terbuka bagi aparatur pemerintah pusat maupun daerah, termasuk anggota TNI dan POLRI serta masyarakat umum dari instansi swasta yang memiliki latar belakang pekerjaan di sektor TIK, ataupun pelaku start-up lokal. Untuk menghindari risiko penyebaran pandemi COVID-19, metode pembelajaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri mengikuti ketentuan pemerintah dan kebijakan institusi perguruan tinggi. 

Penerima Beasiswa S2 Dalam Negeri akan mengikuti proses pembelajaran di kota domisili masing-masing, atau sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, pemberangkatan penerima Beasiswa S2 Luar Negeri akan disesuaikan dengan kondisi dan kebijakan imigrasi pemerintah negara tujuan studi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas beasiswa ini dibagi atas dua bagian yankni untuk S2 dalam Negeri dan Beasiswa S2 Luar Negeri.

Program Beasiswa Dalam Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2023

Seiring kebutuhan sumber daya manusia GPR dan tata kelola TIK di sektor swasta, Program Beasiswa Kominfo juga dibuka untuk masyarakat umum yang berlatar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi atau pelaku rintisan lokal. 

Program Beasiswa S2 Dalam Negeri telah berlangsung sejak tahun 2007, yang fokus awalnya pada pemberian beasiswa di bidang informatika. Program ini bertujuan untuk menciptakan pejabat pelaksana tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Keamanan Informasi, yang bertujuan untuk mendukung implementasi e-government dan tata pemerintahan yang baik (good governance). 

Dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kebutuhan Government Public Relations (GPR) di berbagai instansi pemerintah meningkat, mendorong lahirnya Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi. 

Selain itu, Program Beasiswa Kominfo juga dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki latar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta pelaku rintisan lokal.

Persyaratan Umum Program Beasiswa S2 Dalam Negeri

Untuk mendaftar beasiswa, persyaratan yang harus dipenuhi adalah telah bekerja selama minimal 2 tahun, tidak memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 di lembaga lain, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi yang dipilih. Hanya pendaftar yang diterima yang diizinkan untuk mendaftar pada kelas reguler.

Outline rencana tugas akhir maksimal 1 halaman (judul, tujuan dan manfaat yang sesuai dengan program Transformasi Digitalisasi Nasional) harus disertakan dalam pendaftaran.

Persyaratan Khusus untuk ASN/TNI/POLRI

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi adalah PNS pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah, TNI/POLRI berstatus aktif dengan masa kerja minimum 2 tahun (terhitung sejak menjadi CPNS bagi pendaftar dari PNS); berusia maksimum 45 tahun pada saat mendaftarkan diri dan mendapatkan izin dan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan; dengan IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan tidak ditujukan bagi PNS dengan jabatan fungsional pengajar pada instansi sektor pendidikan. 

Ketentuan khusus bagi warga umum untuk mendaftar adalah:

  • Memiliki WNI;
  • Usia maksimum 45 tahun pada saat mendaftar;
  • Berlatar Belakang di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi atau seorang pelaku startup lokal;
  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun;
  • Memiliki izin dari pimpinan untuk mengikuti kuliah;
  • Menyertakan surat keterangan atau surat rekomendasi dari pimpinan, dosen, atau tokoh lain yang berkredibilitas;
  • IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta minimal 2,90 untuk bidang informatika;
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi yang dipilih.
Untuk Informasi dan Persyaratan terkait beasiswa S2 Kementerian Komunikasi dan Infomratika Tahun 2023 bisa di cek pada situs berikut ini https://beasiswa.kominfo.go.id/beasiswa/luar-negeri/
Sumber: Instagram @BLSDMkominfo

Sumber: Instagram @BLSDMkominfo

Sumber: Instagram @BLSDMkominfo



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak