Persyaratan Beasiswa Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) Tahun 2023

Sumber:djarumbeasiswaplus.org

GAMGADO.COM-Sejak tahun 1984, Djarum Foundation telah berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Ini dilakukan dengan cara memberikan kontribusi melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus untuk mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

 Program ini memungkinkan Beswan Djarum mendapatkan dana beasiswa dan pelatihan ketrampilan lunak (soft skills) yang akan mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa, seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure.

Para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) akan menerima dana beasiswa sebesar Rp 1.000.000,- per bulan selama setahun. 

Selain itu, para Beswan Djarum juga akan diberikan pengalaman berbagai macam soft skills, sebagai komplementer dari pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus. Tujuannya adalah agar para Beswan Djarum dikemudian hari menjadi individu yang cerdas intelek dan emosional. Kegiatan soft skills yang akan diberikan diantaranya:

Beswan Djarum mendapatkan pelatihan Character Building sebagai pengantar untuk menjadi pemimpin Indonesia yang berkarakter mulia dan mandiri. Proses ini melibatkan 6 nilai dasar yang akan membentuk mereka menjadi orang yang mandiri yaitu pengetahuan, inisiatif, ketekunan, daya adaptasi, kemampuan memimpin, dan kesadaran akan isu-isu sosial dan budaya.

  1. LEADERSHIP DEVELOPMENT
  2. NATION BUILDING
  3. COMPETITION CHALLENGES
  4. INTERNATIONAL EXPOSURE

Persyaratan

Untuk dapat mendaftar Program Djarum Beasiswa Plus, calon penerima harus memenuhi persyaratan berikut: menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV dari semua disiplin ilmu, memiliki IPK minimum 3.20 pada semester III dan dapat mempertahankannya hingga akhir semester IV, aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun luar kampus, serta tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

 Selain itu, calon penerima juga perlu untuk menyertakan berkas pendaftaran yang terdiri dari bukti cetak PDF dari formulir pendaftaran online, satu lembar pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm memakai jaket almamater, fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa, transkrip nilai sampai dengan semester III yang telah dilegalisir otoritas kampus, salinan surat keterangan/sertifikat aktif berorganisasi dan atau sertifikat prestasi yang diikuti, dan surat keterangan dari Rektorat bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dimulai dengan pengisian formulir pendaftaran online pada bulan 21 Maret hingga 23 Mei 2022. Setelah melengkapi pengisian formulir pendaftaran, pendaftar akan menerima email konfirmasi pendaftaran.

 Selanjutnya, pendaftar harus mengirimkan berkas administrasi ke alamat email yang disebutkan pada email konfirmasi tersebut. Jika berkas administrasi diterima dan lolos seleksi, maka pendaftar akan menerima undangan tes tulis melalui email dan SMS. 

Tes tulis akan dilaksanakan secara daring. Pendaftar yang lolos tes tulis akan diundang untuk wawancara. Hasil akhir seleksi akan diumumkan di website resmi Djarum Beasiswa Plus dan di Bagian Kemahasiswaan di kampus.

Waktu Pendaftaran

Program Djarum Beasiswa Plus hanya dibuka setiap tahun sekali bagi mahasiswa semester IV. Pendaftarannya akan dimulai pada 21 Maret 2022 dan berakhir pada 23 Mei 2022. 

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Djarum Beasiswa Plus di:

  • Facebook: Djarum Beasiswa Plus
  • Twitter: @BeswanDjarum
  • Instagram: @djarumbeasiswaplus
  • Website: www.djarumbeasiswaplus.org 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak