Pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Telah Dibuka Penerima Bansos Bisa Daftar, Cek Syarat dan Kententuannya di Sini

Sumber:radarlampung

SUDUTPLAMBON-
Hallo Sobat Plambon  ada berita gembira terkait dengan pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 resmi dibuka. Ini merupakan pertama kalinya kartu prakerja 2023 bakal terapkan skema normal dengan berfokus pada peningkatan keahlian dan produktivitas penerima manfaat.

Jadi, untuk program prakerja kali ini kamu yang merupakan fresh graduate, jobseeker, frist jobber maupun penerima bansos bisa ikut mendaftar loh. Dengan begitu kamu bisa menggunakan dana yang didapatkan untuk dapat meningkatkan kemampuan skillmu.

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja ditujukan untuk memberikan pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia ingin terus meningkatkan kemampuannya. Program ini dirancang dengan cara yang membuat para pengguna mendapatkan nilai, serta memberikan nilai bagi sektor swasta.

Perjalanan digital melalui pasar online dipilih untuk memudahkan konsumen menemukan, membandingkan, memilih dan memberikan penilaian. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan tetap relevan. Dengan menggandeng perusahaan swasta, program ini adalah gambaran kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong untuk menciptakan SDM yang unggul dan membawa Indonesia ke masa depan yang lebih maju.

Bagaimana Cara Mengikuti Seleksinya?

Pertama, kamu harus buka dulu web prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu. Kemudian, siapkan nomor KK serta NIK yang kamu punya. Masukanlah data diri yang dimintakan dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akunmu.

Kamu juga akan diminta mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Untuk itu, kamu siapkan kertas dan pena untuk mencatat dalam proses pekerjaan soal. Ingat, baca soal dengan teliti! Jangan sampai tergesa-gesa.

Langkah selanjutnya, kamu klik gabung pada gelombang yang sedang dibuka. Setelah itu, kamu tinggal menunggu pengumuman peserta lolos seleksi gelombang yang akan dikirim melalui SMS.

Syarat Mengikuti Seleksi

Sebelum kamu hendak mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 48, maka perlu untuk membaca dengan saksama syarat dan ketentuan seleksinya. Usahakan siapkan semua persyaratan yang dimintakan.

Untuk mendaftarkan program ini, kamu harus merupakan Warga Negara Indonesia, ya. Bukan warga negara asing. Kemudian, umur kamu harus 18-64 tahun. Kalau di bawah atau di atas rentang umur tersebut tentu kamu tidak bisa mendaftar.

Jika saat ini kamu adalah mahasiswa atau masih sekolah, maka kamu tidak bisa mendaftar program ini. Selain itu, kamu sedang mencari kerja atau merupakan pelaku usaha mikro/kecil.

Satu lagi, pastikan kamu bukan pejabat negara. Jangan sampai saat ini kamu merupakan pegawai di salah satu instansi malah mendaftar.

Terakhir, pastikan di dalam satu kartu keluargamu hanya ada dua orang yang boleh mendaftar atau hanya dua NIK yang bisa digunakan.

Demikian seputar pendaftaran prakerja gelombang 48 tahun 2023 yang perlu kalian ketahui. Gunakanlah kartu ini sebaik-baik mungkin untuk dapat meningkatkan kualitas dan skill yang dimiliki untuk bisa bekerja lebih baik. Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak