Dapat Puluhan Juta untuk Kembangkan Usaha dengan Ikuti Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha Tahun 2023

Sumber:Dikti

GAMGADO.COM-Kamu seorang mahasiswa? sedang merintis bisnis, tapi tidak punya modal?, jangan takut karena kamu bisa diberikan bimbingan dan pelatihan gratis serta mendapatkan biaya untuk modal puluhan juta untuk merintis usahamu.

Sebagai mahasiswa tentu mencari biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari itu penting, apalagi kamu yang punya impian untuk menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan. Merintis usaha sedari dini merupakan cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan berbisnismu.

Akan tetapi sering kali impinmu terhalangi karena tidak memiliki modal yang cukup untuk bisa merintis usahamu agar bisa berkembang. namun saat ini lewat program merdeka belajar kampus merdeka kamu bisa mengikuti salah satu programnya yakni  Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Bukan hanya modal, pelatihan yang kamu dapatkan namun kamu juga bisa mendapatkan konvers SKS selam kamu mengikuti kegiatan ini. Itu berarti kamu tidak perluh berkuliah lagi selama satu semester dan fokus mengikuti program yang satu ini.

Kenapa Mahasiswa Harus Berwirausaha?

Mahasiswa harus berwirausaha karena diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas yang dimilikinya. Selain itu, berwirausaha dapat membantu mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Berwirausaha juga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk membangun jaringan dan memperoleh pengalaman berharga di luar kampus. Dengan berwirausaha, mahasiswa dapat membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab atas hasil yang diperoleh. Hal ini bisa menjadi modal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja nantinya.

Apa itu  Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW)?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menggelar Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dalam upaya mencetak mahasiswa yang menjalankan wirausaha dan penguatan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Pada tahun 2022, target 2.500 telah melampaui angka 3.781 (151,2%), dengan mahasiswa mulai menjalankan usaha dalam berbagai bidang, mulai dari makanan minuman hingga usaha berbasis digital.

Tujuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang menjalankan usaha di perguruan tinggi, untuk memperkuat pembinaan kewirausahaan di perguruan tinggi yang didasarkan pada pengembangan karakter inovatif, berdampak dan berkelanjutan, serta untuk menguatkan ekosistem kewirausahaan perguruan tinggi dengan melibatkan dunia usaha, dunia industri (DUDI), komunitas, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Penyelenggaraan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) bermanfaat untuk:
a. Menaikkan jumlah mahasiswa yang melakukan usaha;
b. Menambah kapasitas perguruan tinggi dalam mendorong kewirausahaan mahasiswa yang didasarkan pada pengembangan karakter inovatif, bermanfaat, dan berkelanjutan; dan
c. Memperkuat ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi dengan menyertakan dunia usaha, dunia industri (DUDI), masyarakat, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kategori Usaha Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 

1. Makanan dan Minuman
2.Budidaya
3.Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata
4.Jasa dan Perdagangan
5.Manufaktur dan Teknologi Terapan
6.Bisnis Digital

Bantuan pendanaan P2MW 2023 terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu (1) Manajemen dan (2) Kelompok Usaha Mahasiswa. Pendanaan untuk tahap usaha awal kelompok mahasiswa maksimal sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) dan tahap usaha bertumbuh maksimal sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah). Untuk meningkatkan ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi, diberikan bantuan manajemen sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk setiap kelompok usaha mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Bagimana apakah kamu tertarik untuk mendaftar? untuk penjelasan lebih lengkap silakan untuk download buku panduan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha di sini

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak