Jokowi: Ibu Kota Negara Bakal Rampung dalam 15-20 Tahun yang Akan Datang

Sumber: Twitter @jokowi

Presiden Jokowi tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan untuk menghadiri pembukaan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah (Rabu, 22/02/2023).

Dihadapan hadirin, Presiden Jokowi mengungkapkan beberapa hal terkait upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Dia menyinggung soal hilirisasi industri dan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Dalam cuitan di akun resmi media sosialnya, ia mengatakan bahwa pemindahan ibu kota sesungguhnya bukan sekedar memindahkan fisik terkait pembangunan atau gedung pemerintahan. Akan tetapi, pemindahan ibu kota disertai dengan adanya sistem dan sumber daya manusia yang dapat dipersiapkan sebaik mungkin.

Menurutnya, proyek ibu kota negara bakal rampung dalam 15-20 tahun yang akan datang. Selain itu menurutnya, Jakarta akan tetap diperbaiki menjadi kota bisnis, pariwisata hingga ekonomi walaupun sudah tidak menjadi ibu kota negara lagi. IKN nantinya akan menjadi kota pemerintahan.

Selesai menghadiri Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah, Presiden Jokowi kemudian bertolak menuju lokasi proyek pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusantara dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial dan SK Obyek Reforma Agraria (TORA).

Dalam meninjau proyek jalan tol IKN, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tampak Jokowi sedang memantau perkembangan pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusantara ruas KKT-Kariangau-Sp.Tempadung, Kota Balikpapan.

Melalui jalan tol tersebut nantinya waktu tempuh dari Balikpapan menuju kawasan inti IKN akan ditempuh hanya memakan waktu 30 menit saja. Panjang jalan tol tersebut sepanjang 47 kilometer.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi menyerahkan 514 Surat Keputusan Perhutanan Sosial, 19 SK Hutan Adat dan 46 SK Objek Reformasi Agraria (TORA) kepada masyarakat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak