Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Beserta Fungsinya

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Beserta Fungsinya

Gamgado.com - Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen wajib yang diajukan pelamar kerja ke perusahaan atau perekrut kerja. Surat lamaran kerja adalah berkas yang menjadi tanda pengenal diri Anda. Penulisan surat lamaran kerja juga diharapkan formal dan dalam format yang rapi. Dengan harapan seluruh isi surat lamaran kerja dapat dibaca dengan tuntas oleh HRD atau perekrut kerja. Surat lamaran kerja bisa ditulis tangan atau diketik. 

Namun ada juga perusahaan atau instansi tertentu yang mensyaratkan surat lamaran kerja ditulis dengan tangan. Surat lamaran kerja tulisan tangan harus jelas, mudah dibaca dan rapi. Huruf yang rapi dan bahasa yang formal diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk membacanya. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja tulisan tangan yang benar dan sederhana. 

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada seseorang atau pejabat yang dapat memberikan suatu tempat pekerjaan atau jabatan. Melalui aplikasi ini, pelamar meminta untuk diberikan pekerjaan. Surat lamaran kerja juga bisa diartikan sebagai surat lamaran dari seorang calon karyawan kepada bagian sumber daya manusia (HRD) suatu perusahaan agar dapat diterima sebagai karyawan di tempat tersebut.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Dilihat dari fungsinya, surat lamaran kerja diperlukan sebagai media komunikasi dan juga bukti tertulis untuk pengajuan surat lamaran kerja. Berikut penjelasannya:

Sebagai Bukti Tertulis Pengajuan Surat Lamaran Kerja

Fungsi utama surat lamaran kerja adalah sebagai bukti tertulis pengajuan lamaran kerja. Adanya surat lamaran kerja berarti lamaran tersebut resmi dan tentunya akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar.

Sebagai Media Atau Alat Komunikasi

Salah satu fungsi dasar surat lamaran kerja adalah sebagai media komunikasi. Setiap surat dapat dipastikan mengandung informasi yang dibutuhkan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran kerja, informasi yang dibutuhkan adalah tentang data dan identitas pelamar. Kemudian akan dilampirkan ijazah, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP, dan keterangan pengalaman kerja. 

Semua informasi tersebut dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi yang dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima para pelamar tersebut. Maka dari itu penting diingat untuk memberikan informasi detail dalam surat lamaran dan mempersiapkan segala prasyarat yang dibutuhkan.

Sebagai Bahan Pertimbangan Penerimaan Pekerjaan

Lampiran daftar riwayat hidup atau CV, sertifikat, data dan identitas pelamar, pengalaman kerja adalah dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mempertimbangkan apakah pelamar memenuhi syarat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang kosong.

Poin Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu pertimbangan dari perusahaan atau perekrut kerja. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan bahasa formal dan sistematika yang tepat. Ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja tulisan tangan, antara lain:

  • Surat pengantar ditulis tangan di atas kertas yang dilapisi dengan ukuran folio.
  • Tulisan harus jelas, bersih dan tanpa coretan apapun.
  • Pelamar harus menyebut diri mereka bukan dengan kata ganti kami tetapi saya.
  • Pelamar juga harus menyebut pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika jelas pimpinannya). Jika kurang jelas, Anda bisa langsung menyatakan posisi.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Penulisan atau penyusunan surat lamaran kerja tulisan tangan harus disesuaikan dengan perusahaan atau instansi yang dituju dan mengikuti persyaratan penulisan atau format pengiriman yang ditentukan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Tulislah kalimat yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menulis manual dengan tangan, menulis surat lamaran kerja secara manual lebih disukai oleh sebuah perusahaan. Sebab, melalui tulisan tangan dapat dinilai tentang kepribadian seseorang.
  • Perhatikan kebersihan surat lamaran kerja.
  • Isi dengan jelas data diri dan informasi tentang data pribadi Anda, serta lampirkan dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotokopi identitas diri dan dokumen lain yang diperlukan
  • Jika Anda memiliki sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus bagi diri Anda, jangan ragu untuk melampirkannya pada surat lamaran kerja Anda.

Format Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan Yang Banyak Digunakan

Bondowoso, 22 Juni 2023

Lampiran: Delapan lembar

Hal: Lamaran Pekerjaan


Kepala Personalia yang terhormat

PT. Subur Makmur Jaya

Jalan Jenderal Sudirman No 70

Bondowoso


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi iklan lowongan kerja yang dimuat di harian Bondowoso Post tanggal 20 Juni 2023 PT. Subur Sejahtera Jaya membutuhkan tiga orang di bidang administrasi perusahaan. Sesuai dengan bidangnya, dengan ini saya,


Nama : Frido Putra

Tempat/tanggal lahir : Bondowoso, 8 Mei 1991

Pendidikan terakhir : S1 Manajemen

IPK : 3,50

Alamat : Jalan Purnomo Adi Nomor 1 Bondowoso

Telepon (HP): 08124568878

Status : Belum menikah


Mengajukan lamaran untuk menjadi pegawai administrasi perusahaan. Adapun kualifikasi yang saya miliki sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapaberkas pendukung sebagai berikut :

1. Foto Copy Ijazah yang sudah dilegalisir : 2 lembar

2. Foto Copy Transkrip Nilai: 2 lembar

3. Foto Copy Sertifikat Kursus Microsoft Office : 1 lembar

4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP): 2 lembar

5. Surat Keterangan Berkelakuan Baik Dari Kepolisian : 1 lembar

6. Pas foto 2x3 dan 3x4 : 2 lembar

7. Daftar Riwayat Hidup (CV): 1 lembar


Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

(TTD)

Frido Putra


Demikian ulasan tentang Contoh Surat Lamaran kerja tulis tangan beserta fungsinya semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak