Buku Panduan Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPK Ormawa) Tahun 2023

Sumber: PPK Ormawa 2023

Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPK Ormawa) adalah usaha organisasi kemahasiswaan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dan menciptakan rasa cinta tanah air. Kualitas program ini akan terus diperbaiki dengan menggunakan proposal dan organisasi kemahasiswaan serta pengusul dari perguruan tinggi.

Peserta yang mengikuti Program ini adalah Organisasi Kemahasiswaan di perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang memiliki Surat Keputusan Pimpinan Perguruan Tinggi harus menyusun subproposal kegiatan yang telah disetujui oleh pimpinan perguruan tinggi dan berisi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Program Studi (HMP), maupun Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan program-program Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan yang diajukan oleh pengusul PPK Ormawa.

Melalui program ini, organisasi kemahasiswaan dapat mengadopsi keterampilan berpikir kritis, kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, komunikasi, kerja sama, literasi teknologi informasi, kepemimpinan, serta bertindak positif dan produktif berdasarkan nilai-nilai moral.

Secara umum, tujuan kegiatan PPK Ormawa adalah untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Organisasi Kemahasiswaan agar mereka mampu menjadi lebih kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air.

Tujuan khusus program tersebut antara lain: (1) meningkatkan kapasitas Organisasi Kemahasiswaan untuk memiliki karakter Pancasila, berprinsip bela negara dan menjadi inisiator pembangunan, serta meningkatkan kompetensi soft skills mahasiswa; (2) meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kepemimpinan, kerja sama tim, kepedulian sosial, kemampuan berpikir kritis, kreatif, penyelesaian masalah, komunikasi, kolaborasi dan berliterasi teknologi informasi; dan (3) menginisiasi pembangunan wilayah desa/kelurahan di Indonesia sesuai topik yang dipilih oleh Ormawa.

Hasil luaran yang harus dihasilkan oleh Ormawa penerima program termasuk: 1. Buku Pengembangan Kapasitas dan Soft Skills Tematik berisi deskripsi proses kegiatan yang telah dilakukan; 2. Ringkasan eksekutif maksimal 5 halaman yang berisi informasi tentang program, strategi pelaksanaan, soft skills dan hard skills yang dikembangkan, testimoni stake holders, praktik terbaik dan perbaikan, dilengkapi dengan setidaknya 2 foto kegiatan; 3. Media publikasi berupa video yang diunggah di saluran media sosial, Youtube atau lainnya yang dapat diakses publik; dan Poster dan profil hasil yang diunggah di website Ormawa dan website perguruan tinggi. Usulan harus memenuhi persyaratan berikut: diserahkan oleh sebuah perguruan tinggi, ditandatangani oleh pihak pimpinan, dan berisi deskripsi tentang: strategi untuk membangun dan meningkatkan kapasitas Ormawa; tujuan yang ingin dicapai untuk memperkuat kemampuan Ormawa; dan usulan-usulan yang telah dirancang oleh Ormawa. Surat keputusan legalitas pengelola kemahasiswaan dari Rektor/Ketua atau Wakil Rektor/Wakil Ketua bidang Kemahasiswaan harus disertakan; Berita Acara Pelaksanaan Seleksi Internal Perguruan Tinggi juga perlu disertakan; Proposal harus diajukan secara daring oleh PT melalui laman http://php2d.kemdikbud.go.id/; dan Isi proposal harus disusun mengikuti sistematika yang tercantum dalam Buku pedoman. Program Peningkatan Kapasitas Ormawa (PKPO) merupakan program yang telah berjalan selama beberapa tahun yang lalu. Program ini difokuskan untuk meningkatkan kapasitas organisasi mahasiswa (ormawa) di Indonesia agar dapat menjadi lebih tangguh, berdaya saing tinggi, dan berdaya guna. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi ormawa melalui penyediaan pembelajaran dan pelatihan, pengembangan keahlian, penelitian, dan pengabdian masyarakat. PPK Ormawa juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi mahasiswa yang ada dengan meningkatkan kualitas manajemen, komunikasi, dan pengelolaan sumber daya. Program ini juga mencakup pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh ormawa. Program ini juga mencakup pengembangan kapasitas ormawa dalam bidang pemberdayaan masyarakat.
Dengan adanya program ini, ormawa diharapkan dapat berkembang dengan lebih baik dan lebih efektif. Program ini juga diharapkan dapat membantu ormawa menjadi lebih berkontribusi terhadap pengembangan kapasitas masyarakat. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat menjadi salah satu bagian dari pengembangan organisasi mahasiswa dan masyarakat Indonesia.

Untuk Informasi selengkapnya silakan download buku Panduan PPK Ormawa Tahun 2023 di Sini


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak