5 Figur Terbaik untuk Gubernur Maluku 2024, Siapa Paling Layak?



GAMGADO.COM-Pada 2024 nantinya Provinsi Maluku bakal turut menggelar Pilkada serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2024-2029.

Beberapa nama figur sudah bermunculan untuk siap bertarung di Pilkada 2024 merebut kursi orang nomor satu di Provinsi Maluku. Dari sekian nama yang ada, setidaknya terdapat lima nama yang dianggap memiliki rekam jejak dan kualitas yang mumpuni untuk memimpin Maluku.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang, semuanya merupakan putra-putri terbaik yang dimiliki oleh Maluku. terobosan dan pengabdian mereka untuk Negeri tercinta ini tidak usah diragukan lagi.

Kelima nama tersebut dianggap sebagai para figur yang mumpuni mengemban tugas menjadi orang nomor satu di negeri seribu pulau ini.

Lalu siapa saja mereka? Berikut ini merupakan lima nama yang dianggap sebagai figur terbaik untuk gubernur Maluku 2024. Kelima nama ini merupakan pendapat pribadi penulis dengan mengacu pada rekam jejak yang telah mereka lakukan.

1. Murad Ismail

Sumber: dinamikamaluku.com

Pertama ada nama petahana Murad Ismail.Pria yang lahir pada 11 September 1961 adalah Gubernur Maluku yang telah menjabat sejak tahun 2019. Ia adalah mantan perwira tinggi Polri yang memiliki jabatan terakhir sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korps Brimob Polri. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Akpol tahun 1985 dan memiliki pengalaman yang luas dalam kesatuan Brimob. Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri dan Kepala Polda Maluku.

Sosok petahana  dianggap layak memimpin Maluku sekali lagi, dengan alasan di periode pertamanya ada beberapa catatan penting yang perluh diperbaiki pada periode keduanya, apalagi dalam menjalani tugas di periode pertama beliau dihadapi dengan permasalahan pandemi.

Dengan terpilih kembali sebagai Gubernur Maluku yang kedua kali diharapkan bakal meneruskan visi-misi pada periode sebelumnya dan melanjutkan serta menyelesaikan program-program yang belum diselesikannya.

Pada 2018 silam Murad berhasil menang Pilkada Maluku. Dimana Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku berhasil menjadi pemenang Pilkada Maluku tahun 2018 setelah ditetapkan oleh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah mereka mengumumkan hasil rekapitulasi suara pada rapat pleno terbuka di Kantor KPU Maluku di kawasan Tantui Ambon, Senin malam (9/7/2018).

Pasangan yang di dukung oleh Koalisi PDI-Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB, Hanura, PKPI, PAN dan PPP memperoleh suara sebanyak 328.982.

2. Jeffry Apoly Rahawarin

Sumber: koreri.com

Banyak yang menyebutkan pada pilkada 2024 nanti akan ada duel dua jenderal terbaik Maluku yakni Murad sebagai petahana dan Jeffry Rahawarin sebagai penantang baru. Keduanya punya kapasitas dan kualitas yang mumpuni jika keduanya maju dan bertarung pada kontestasi pilgub Maluku maka akan menjadi pertarungan yang menarik.

Jeffry Apoly Rahawarin (lahir 21 Januari 1964), seorang mantan anggota TNI AD yang terakhir kali menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, lulusan Akmil 1988 yang memiliki pengalaman dalam bidang Infanteri. Purnawirawannya itu terakhir kali menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura dengan pangkat Letnan Jenderal TNI (Purn.)

3.Febry Calvin Tetelepta

Sumber:koreri.com

Febry Calvin Tetelepta, yang dikenal sebagai intelektual Kristen dan Ketua Umum Pengurus Nasional Perkumpulan Senior GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), merupakan figur berikutnya yang layak tuk bertarung nanti pada pilgub Maluku 2024. Sepak terjangnya di kanca nasional tak perluh diragukan lagi. 

Pada  22 Juni 2020, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI, telah melantik Febry sebagai Deputi I Kepala Staf Kepresidenan. Penunjukan ini disertai dengan surat keputusan dari Presiden RI, karena jabatan tersebut dipercayakan kepada orang-orang yang dekat dengan Presiden RI.

Febry Calvin Tetelepta (FCT) menjadi tokoh penting dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, khususnya terkait Proyek Strategis Nasional (PSN). Statusnya sebagai Mediator Professional Bersertifikat, telah membuatnya menjadi pilihan bagi Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelesaikan masalah pada proyek-proyek prioritas Presiden Jokowi. 

Sebagai Tenaga Ahli Utama Bidang Infrastruktur Konektivitas Kantor Staf Presiden 2015-2019, kontribusi FCT terlihat jelas dengan dapat beroperasinya Tol Trans Jawa tepat waktu pada Lebaran 2018, kemajuan pembangunan ruas-ruas Jalan Nasional Trans Papua dan penyelesaian pembangunan Bandara Ahmad Yani dan Kulon Progo sebagai pengembangan Bandara tercepat di Indonesia.

4.Hendrik Lewerissa

Sumber Foto : Kresno/mr

Figur berikutnya yang patut diperintungkan adalah Hendrik Lewerissa, lahir pada 2 Maret 1968, adalah seorang politikus Indonesia yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada periode 2019-2024. Sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya, Hendrik mewakili daerah pemilihan Maluku dan mengabdi di Komisi VI DPR-RI, membidangi industri.

Latar perjalanan karirnya sangat inspiratif, sosok yang cerdas dan berkarisma ini ternyata terlahir sebagai anak ke-7 dari 10 bersaudara dengan orang tua yang berprofesi sebagai guru. Hal tersebut membuatnya harus berjuang dan belajar dengan keras untuk mencapai sukses dalam dunia pendidikan. 

Setelah menyelesaikan tingkatan studi dengan prestasi yang baik di Maluku, beliau kemudian mendapat gelar Sarjana Hukum di Universitas Pattimura Ambon. Setelah itu, ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri pada jenjang Magister di Temple University di Amerika Serikat. Usai menyelesaikan program studi tersebut, Beliau kembali ke Indonesia untuk bekerja di salah satu perusahaan milik negara.

Keputusan beliau untuk bergabung dengan Partai Gerindra yang dipimpin oleh Bapak Prabowo Subianto, didorong oleh kegelisahan hatinya tentang kondisi rakyat yang banyak menderita akibat hak-haknya yang banyak terabaikan.

Di DPR-RI bersama dengan para anggota dewa dari Maluku, Hendrik gencar menyuarakan suara masyarakat Maluku.

Salah satu aksinya yang paling dikenang yakni ketika ia mendesak airmatanya di DPR-RI menyuarakan keadaan masyarakat Maluku yang tertinggal akibat jalan pembangunan pelabuhan terintegrasi (Ambon New Port) dan Lumbung Ikan Nasional yang sejak lama telah dijanjikan oleh pemerintah pusat yang terancam dibatalkan. 

5.Saadiah Uluputty

Sumber:siwalimanews.com

Jika selama ini Maluku belum pernah dipimpin oleh gubernur perempuan maka bisa jadi sosok wanita tangguh yang satu ini bakal menduduki kursi orang nomor satu di Maluku. Tak perluh diragukan lagi kontribusinya terhadap Maluku, sosok wanita yang satu ini begitu garang ketika berusara di DPR-RI dia sering kali mencuri perhatian publik dengan aksi-aksinya. Pada 2022 dia sempat viral karena  lantang menyuarakan nasib masyarakat Maluku hinga menangis.

Saadiah Uluputty menyebut negara telah membohongi masyarakat Maluku. Pasalnya hingga kini Lumbung Ikan Nasional (LIN) belum juga terealisasi.Ia tampak begitu kesal dengan suara meninggi saat mendengar penjelasan  Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di rapat bersama Komisi IV DPR RI, Rabu (23/3/2022).

Tenggrono menyatakan bahwa pemerintah tidak memiliki dana untuk pembangunan pelabuhan terpadu dengan nama LIN di Maluku pada rapat tersebut.

Selain itu Uluputty juga selalu memperjuangkan hak-hak nelayan dan petani, dalam postinganya di media sosial kerab kali menunjukan akisnya mengunjungi langsung para nelayan dan petani di daerah-daerah, seakan ia ingin turun langsung dan merasakan apa yang sedang mereka rasakan.

Saadiah Uluputty sendiri merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera yang menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sejak 2019 dari Provinsi Maluku. Sebelum itu, ia telah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku untuk dua periode sejak 2009 hingga 2019.

Ia lahir di Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah. Sebagai legislator, ia juga memiliki banyak aktivitas di luar bidangnya, khususnya dalam bidang pendidikan, dimana ia berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas para guru di Maluku. Hal itu yang kemudian membuatnya menerima penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia (API) yang diselenggarakan di Jakarta Convensional Center (JCC) pada 28 September 2018.

Demikian lima nama figur yang menurut penulis layak maju bertarung untuk Gubernur Maluku 2024, bagaimana menurut kalian? apakah sudah tepat? ataukah ada yang kurang?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak