Program Pendidikan Guru Penggerak: Kumpulan Materi, Modul dan Capaian Pembelajaran Tahun 2023

Sumber: gurudikdas.kemdikbud.

SUDUTPALMBON.COM-Program Guru Pengerak merupakan program yang diciptakan untuk meningkatkan kualitas guru dengan memberikan pengalaman belajar yang berkualitas dan komprehensif. Program ini akan menyediakan berbagai macam pelatihan, tautan ke sumber daya, dan jaringan yang dapat digunakan untuk membantu para guru dalam mengembangkan keterampilan mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar.

Program Guru Pengerak didirikan untuk memberikan para guru kesempatan untuk berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. 

Dengan meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka untuk mengajar, para guru akan lebih siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi saat ini. Kami berharap para guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan keterampilan mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar.

Program ini juga akan menyediakan para guru dengan kesempatan untuk berinteraksi dan berbagi dengan para guru lainnya. Dengan berbagi informasi dan pengetahuan, para guru dapat meningkatkan keterampilan mereka dan membantu sesama guru dalam mencapai tujuan mereka.

Program Guru Pengerak akan memberikan para guru dengan berbagai macam materi pendidikan yang berkualitas yang akan membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan mereka. Kami berharap para guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar dan memberikan pelayanan terbaik kepada siswa.

Kami ingin melihat para guru mampu meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan menjadi profesional di bidang mereka. Kami berharap para guru dapat memanfaatkan Program Guru Pengerak untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka.

Kami berharap Program Guru Pengerak dapat membantu para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan menjadi guru yang lebih profesional. Kami berharap para guru akan bergabung dengan Program Guru Pengerak dan berbagi informasi dan pengetahuan mereka dengan para guru lainnya. Kami yakin bahwa dengan berbagi informasi dan pengetahuan, para guru akan dapat membantu sesama guru dalam mencapai tujuan mereka.

Proses perjalanan untuk menjadi seorang guru penggerak mulai dari proses seleksi, kemudian program pendidikan guru penggerak berupa pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan. Program ini terdiri dari 4 (empat) modul yang berisi materi dan capaian pembelajaran.

A. Modul 1 : Paradigma dan Visi Guru Penggerak

1. Capaian Pembelajaran

Calon Guru Penggerak mampu memahami nilai-nilai pendidikan yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungannya dengan konteks pendidikan lokal dan nasional saat ini.

Calon Guru Penggerak mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menciptakan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.

Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan menyampaikan visi sekolah yang berpihak kepada siswa kepada para guru dan pemangku kepentingan.

2. Materi Pembelajaran

  • Nilai-nilai Pendidikan Indonesia
  • Peran Guru Penggerak
  • Membentuk visi sekolah
  • Membangun budaya positif di sekolah
  • Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

B. Modul 2 : Praktik Pendidikan yang Menghormati Kebutuhan Siswa

1. Calon Guru Penggerak dapat melaksanakan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar yang beragam dari para siswa. Calon Guru Penggerak mampu mengatur emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang mendukung proses belajar. CGP mampu menerapkan komunikasi yang memberdayakan sebagai keahlian dasar seorang coach. Calon Guru Penggerak bisa melaksanakan coaching sebagai pemimpin kegiatan belajar.

2. Materi Pembelajaran

  • Pembelajaran berdifferensiasi
  • Pembelajaran emosi dan sosial
  • Coaching
  • Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan.

C. Modul 3 : Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Calon Guru Penggerak dapat menggunakan cara pengambilan keputusan yang mengacu pada prinsip pemimpin pembelajaran. Mereka mampu memanfaatkan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

Calon Guru Penggerak mampu merancang, mengatur, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta melakukan pemantauan untuk memastikan bahwa program itu berjalan sesuai rencana dan tujuan. Mereka juga dapat mengembangkan kegiatan rutin yang menyediakan jalan bagi orangtua untuk berpartisipasi dalam proses belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Materi Pembelajaran

  • Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
  • Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  • Pengelolaan program yang berdampak pada murid
  • Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

D. Modul 4 : Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi

 1. Capaian Pembelajaran

CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.

CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat. Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.

2. Materi Pembelajaran

  • Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
  • Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
  • Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
  • Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.
  • Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak