Tutorial Cara Mengaktifkan VoLTE Indosat Pada HP Xiaomi

Tutorial Cara Mengaktifkan VoLTE Indosat Pada HP Xiaomi

Gamgado.com - Sebelum VoLTE muncul, saya sering mengalami koneksi internet yang lambat saat menerima atau melakukan panggilan keluar. Kendala ini sangat mengganggu, karena saya tidak bisa lama-lama melakukan panggilan, saat menggunakan internet secara bersamaan. Kendala ini tentunya menghambat aktivitas online yang saya lakukan.

Namun setelah teknologi VoLTE hadir, untungnya masalah ini sudah tidak ada lagi. Saya dapat melakukan panggilan sambil berselancar di internet, tanpa khawatir koneksi internet lambat. Bahkan kualitas suara yang dihasilkan juga cukup baik. Nah berikut ini adalah tutorial Cara Mengaktifkan VoLTE Indosat pada hp xiaomi. Silahkan disimak dengan baik.

Definisi Indosat VoLTE

Kualitas dari hasil komunikasi yang dikeluarkan melalui jaringan kini semakin dibutuhkan di masa pandemi. Untuk itu, Indosat Ooredoo mengumumkan bahwa pelanggan sudah bisamenggunakan layanan VoLTE di lebih dari30 kota di Indonesia dan akan terus berkembang di berbagai daerah lainnya. 

VoLTE adalah singkatan dari Voice over Long Term Evolution (LTE), dimana teknologi ini memberikan layanan panggilan suara dan video berkualitas tinggi, yang mengandalkan data dari jaringan 4G LTE. Beberapa pengguna ponsel mungkin mempertanyakan tampilan VoLTE di sebelah ikon sinyal ponsel. Ini menandakan jika ponsel yang digunakan sudah mendukung layanan VoLTE. Namun jika VoLTE tidak muncul di layar ponsel, itu menandakan ponsel tersebut tidak mendukung jaringan VoLTE. 

Ponsel masih mengandalkan jaringan internet 3G atau 2G untuk kebutuhan data suara, sehingga kualitas suara yang dihasilkan saat melakukan panggilan mungkin tidak sebaik jaringan 4G. Hingga pembahasan ini dilakukan, operator seluler di Indonesia yang telah mendukung layanan VoLTE antara lain Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata. Operator seluler pertama di Indonesia yang memperkenalkan layanan VoLTE adalah Smartfren pada tahun 2016. 

Selanjutnya, operator lain yang mengikuti jejak Smartfren akan mulai mengadopsi layanan tersebut pada tahun 2020, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Meski layanan 4G LTE belum menyasar pelosok Indonesia, namun setiap operator seluler berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan teknologi ini, khususnya kepada Indosat.

Cara Mengaktifkan Layanan VoLTE Indosat

Untuk dapat menikmati layanan VoLTE ini, terdapat cara dan persyaratan yang berbeda untuk setiap penyedia layanan. Misalnya, pada provider telkomsel mewajibkan bagi penggunanya menggunakan kartu SIM 4G untuk menikmati layanan ini. Sedangkan pengguna Indosat Ooredoo harus menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 4G LTE. Untuk mengaktifkan fungsi 4G dan layanan VoLTE, Anda dapat menghubungi operator selular yang Anda gunakan. 

Jika kartu seluler mendukung 4G dan VoLTE, itu dapat diaktifkan dengan membukanya. Pengaturan kemudian masuk ke menu jaringan seluler dan pilih menu data seluler berikutnya. Pengaturan dapat bervariasi tergantung pada pengaturan pada ponsel. Agar bisa bekerja, periksa juga apakah jaringan 4G tercakup di wilayah Anda atau tidak. Jika tidak, maka Anda tidak bisa menikmati layanan VoLTE. 

Panggilan video dapat dilakukan jika kedua pengguna menggunakan perangkat yang didukung oleh layanan VoLTE dan telah mengaktifkannya. Selain itu, kedua wilayah tersebut juga tercakup dalam jaringan 4G. Buka ponsel Anda, ketuk tab kontak di bagian bawah layar, lalu pilih kontak yang ingin Anda panggil. 

Kemudian sentuh ikon video untuk melakukan panggilan video. Semoga kualitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia terus ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan internet cepat. 

Bagi Anda pengguna provider Indosat Ooredoo namun belum mengetahui cara aktivasi 4G only atau VoLTE di kartu Indosat terbaru. Selanjutnya saya akan share cara aktivasi VoLTE atau 4G hanya di provider Indosat. Oke langsung saja ke pembahasan bagaimana proses aktivasinya, berikut caranya.

  • Ketik kode panggil *#*#86583#*#* dan akan muncul tulisan VoLTE dinonaktifkan.
  • Kemudian ketik dial code *#*#4636#*#* untuk mengecek apakah VoLTE aktif atau tidak, jika tidak aktifkan saja.
  • Setelah itu, masuk ke pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih kartu SIM dan Jaringan Seluler.
  • Kemudian cari menu VoLTE.
  • Kemudian centang atau aktifkan.

Tutorial Mengaktifkan VoLTE Pada HP Xiaomi

Teknologi VoLTE atau Voice Over LTE berfungsi untuk melakukan panggilan suara melalui jaringan 4G LTE dengan kualitas lebih jernih dan lancar. Jika Anda pengguna Xiaomi yang masih bingung cara aktivasi Volte Indosat Ooredoo, Anda bisa mengikuti panduannya di sini. Teknologi VoLTE mampu menghadirkan komunikasi suara berkualitas HD sehingga percakapan antar pengguna akan terdengar lebih jernih. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menerima panggilan telepon saat bermain game online karena VoLTE tidak akan mengubah mode jaringan di HP Xiaomi yang kamu gunakan. Ternyata, teknologi ini tidak hanya ada di smartphone Apple saja, Samsung, Oppo atau bahkan Xiaomi juga membekali ponselnya dengan Volte. Xiaomi menyematkan fitur VoLTE di hampir semua ponsel, baik Redmi, Mi, maupun Poco. 

Dengan fitur Volte ini, pengguna kini bisa mendapatkan beberapa keuntungan saat melakukan panggilan suara berkat dukungan transfer data berkecepatan tinggi 4G di dalamnya. Selain Volte, ponsel Xiaomi juga mendukung ViLTE atau Video Over LTE yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video melalui jaringan 4G LTE. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan fitur Volte sudah aktif di ponsel Anda.

  • Buka Pengaturan Ponsel Xiaomi Anda.
  • Pilih Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Kemudian pilih Operator Seluler.
  • Setelah itu aktifkan Use VoLTE.
  • Setelah fitur aktif, Anda akan melihat ikon Volte muncul di sebelah ikon sinyal.

Demikian ulasan tentang tutorial Cara Mengaktifkan VoLTE Indosat pada hp xiaomi semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak