Mitos Tentang Telur, Apa Benar Telur Menyebabkan Bisul dan Jerawat?

Mitos Tentang Telur, Apa Benar Telur Menyebabkan Bisul dan Jerawat?

Gamgado.com - Telur adalah suatu jenis makanan yang umumnya dihasilkan oleh hewan yang bertelur seperti ayam, bebek, burung puyuh, dan beberapa jenis reptil seperti kura-kura dan buaya. Telur biasanya memiliki kulit yang tipis dan keras, dan berisi kuning telur (yolk) dan putih telur (albumin). Meski begitu, bahan makanan ini tidak lepas dari yang katanya mitos tentang telur.

Telur adalah sumber protein hewani yang baik dan juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, seng, dan selenium. Telur dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau dipanggang, dan sering digunakan dalam berbagai jenis masakan dan kue-kue.

Namun banyak yang meyakini telur sebagai sumber penyakit tertentu. Seperti beberapa mitos tentang telur yang berkembang di masyarakat. Selanjutnya aku mau berbagi cerita buat kalian.

Kebanyakan makan telur bisa menyebabkan bisul

Di balik manfaat telur, banyak juga masyarakat yang beranggapan bahwa terlalu banyak mengonsumsi telur bisa membuat bisul. Akhirnya, banyak orang yang membatasi konsumsi telur sehari-hari. Padahal, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran bahwa mengonsumsi telur berlebih bisa menyebabkan bisul.

Bisul bukan disebabkan karena makanan tertentu seperti telur, melainkan infeksi bakteri di kulit atau kulit tertusuk rambut. Bisul juga bisa terjadi ketika kulit mengalami infeksi karena luka terbuka atau gigitan serangga. Ada juga faktor lain yang memicu munculnya bisul seperti:

  • Kontak fisik langsung dengan orang yang menderita bisul
  • Tidak menjaga kebersihan tubuh
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Adanya masalah kulit, seperti eksim atau kulit berjerawat
  • Kebiasaan sering mencukur bulu atau rambut

Telur memang bukan penyebab bisul, namun sebagian orang memang bisa mengalami alergi telur. Biasanya, orang yang mengalami alergi telur bisa mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal, bentol-bentol, dan muncul ruam di kulit. Ketika reaksi alergi ini muncul, kulit yang gatal dan digaruk berlebihan tersebut bisa terluka dan mengalami infeksi sehingga muncul bisul.

Selain susu, telur memang tergolong makanan yang paling sering menimbulkan alergi, terutama pada anak-anak. Namun, alergi terhadap telur umumnya dapat teratasi seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan makan telur bisa menyebabkan jerawat

Selain beredar anggapan bisa menyebabkan bisul, kebanyakan makan telur juga dianggap bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kulit. Meskipun bukan penyebab jerawat secara langsung, telur bisa memperburuk kondisi jerawat yang sedang dialami seseorang. Penyebabnya antara lain kandungan lemak yang ada pada telur membuat produksi kelenjar minyak semakin meningkat sehingga minyak tersebut menyumbat pori-pori dan membuat debu serta bakteri menjadi mudah menempel. Akhirnya hal tersebut memicu munculnya jerawat.

Pengalaman pribadi saya tiap konsumsi telur besoknya muncul jerawat 1 kalau makannya banyak kadang muncul 2-3 jerawat sekaligus biasanya muncul di pipi atau dagu 

Kata dokter di tiktok telur menyebabkan jerawat itu hoax tapi kalau ada seperti itu kemungkinan karena alergi dengan telur, bisa jadi sih saya alergi Telur.

Sekian tulisan mitos tentang telur. Saatnya bilang I love telur.

Posting Komentar untuk "Mitos Tentang Telur, Apa Benar Telur Menyebabkan Bisul dan Jerawat?"