Prabowo-Ganjar Pilihan Jokowi untuk Pilpres 2024?

 

Sumber:twitter/@ganjarpranowo

GAMGADO.COM-Saat Presiden Jokowi melakukan panen raya di Kebumen, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di sampingnya yang menunjukkan hubungan akrab antara keduanya (9/Maret 2023).

Pada beberapa potongan video tampak Prabowo mencoba menggenggam erat tangan Ganjar Pranowo dan mengangkat ke atas seakan memberi kode kepada rakyat kalau mereka bakal bersama di 2023 nanti.

Tampak Jokowi terlihat tersenyum bersama kedua sosok tersebut. Mereka bertiga tampak akrab seakan-akan Jokowi ingin memberi kode kepada masyarakat bahwasannya dua sosok inilah yang layak menggantikannya di 2024 nanti.

Para pengamat politik menduga kalau ini merupakan sinyal kuat dari Jokowi untuk keduanya bakal bersanding di 2024 nantinya.

Lalu apakah kedua sosok ini memungkinkan untuk berduet baik itu Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Prabowo di 2024?

Jika kita melihat peluang keduanya berduet semisal benar-benar terjadi, maka peluang kemenangan mereka bakal sangat besar lantaran kedua sosok ini berada pada survei teratas calon presiden.

Akan tetapi, perlu kita ingat akan sangat sulit menentukan siapa yang bakal menjadi capres siapa yang bakal menjadi cawapres.

Pertama, jika duet keduanya terjadi lalu nantinya PDIP malah mengusung Puan Maharani sebagai calon presiden, itu berarti Ganjar bakal tidak punya kendaraan politik.

Mau tidak mau jika pinangan dari Prabowo datang, maka tentu Ganjar bakal memilih untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo mengingat saat ini Prabowo sudah punya kendaraan politik.

Kedua, sulit rupanya jika Prabowo ingin menjadi calon wakil presidennya Ganjar. Hal ini dikarenakan ambisi Prabowo begitu kuat untuk menjadi presiden. Namun di satu sisi, Prabowo kalah soal elektabilitas dari Ganjar. Hanya butuh kelogoan Prabowolah jika ingin jadi posisi orang nomor dua.

Ketiga, jika keduanya berpasangan maka sudah tentu para pendukung Jokowi semuanya bakal bersatu ke pasangan ini. Saat ini pendukung Jokowi telah terbagi kedua sisi Prabowo dan Ganjar. Jika keduanya bersatu sudah tentu lawan mereka pasti Anies Baswedan bakal kalah telak.

Lalu apa yang terjadi jika keduanya tetap bertarung melawan Anies Baswedan? Mari kita lihat kemungkinan yang bakal terjadi.

Misalkan saja Pilpres 2024 bakal ada tiga pasangan calon, Anies vs Ganjar vs Prabowo, maka tentu Ganjar dan Prabowo bakal bertarung di putaran kedua.

Lumbung suara keduanya sangat tinggi dibandingkan dengan Anies Baswedan. Beberapa survei menunjukkan keduanya selalu berkejar-kejaran.

Jika putaran kedua terjadi, maka Prabowo dipastikan bakal menang. Hal ini terjadi lantaran suara dari Anies Baswedan bakal beralih ke Prabowo.

Mengingat saat ini Anies berada di pihak oposisi sangat tidak mungkin koalisinya bakal bergabung bersama PDIP.

Kemungkinan yang terjadi adalah para pendukung lama Prabowo yang beralih ke Anies Baswedan bakal kembali kepada Prabowo karena ini lebih mungkin terjadi.

Misalkan ada putaran kedua antara Ganjar dan Prabowo barang kali ribut-ribut dan polarisasi di tengah masyarakat bakal mereda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak