Gelar Event Rafting, PLTA Asahan III Akan Segera Beroperasi

Manager PLN UPP SBU 4, Parlindungan memberi kata sambutan pada pembukaan event rafting di Desa Tangga.

KabarMania.com, Asahan - Sebagai bentuk kepedulian PT. PLN (Persero) melalui PLN UPP SBU terhadap masyarakat sekitar PLTA Asahan III, tercermin lewat diselenggarakan Event Rafting (arung jeram) Jalur Extreme dan Nightmare di sungai Asahan, yang acara serimoninya (pembukaan), Sabtu (2/3) siang berlangsung di Pendopo Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pelepasan kegiatan langsung dihadiri Manajer PLN UPP SBU 4, Parlindungan beserta jajaran. Sejumlah stakeholder tampak hadir, Camat Aek Songsongan, Panusunan Rambe, dari Nippon Koei, Mr. Felix, Mr. Sakai, dan Helin Simatupang; perwakilan SAJO, Arman, Tokoh Masyarakat, Humala Siagian dan Kauijin Hutagaol, dari Polsek Porsea, Pak Aritonang serta Polsek Bandar Pulau, Iptu Azwar Batubara.

Di momen tersebut, Parlindungan mengatakan, event menjelang beroperasinya PLTA Asahan III, sebagai wujud kepedulian PLN terhadap komunitas Arung Jeram Asahan dan Tobasa serta masyarakat di sekitar sungai Asahan, salah satunya dengan mendanai/mensponsori Event Rafting ini.

Parlindungan membagikan bingkisan kepada warga Toba dan Asahan sekitar proyek PLTA Asahan III.


Manager PLN UPP SBU 4 itu juga menjelaskan, PLTA Asahan III direncanakan akan lakukan uji coba atau Individual Tes secara bertahap mulai April 2024, sementara untuk beroperasi, diperkirakan pada akhir 2024 di semester 2. mengisi tunel akan dilakukan sejak April 2024.

Proyek PLTA Asahan III yang segera beroperasi, ditargetkan mampu menghasilkan listrik sebesar 174 Megawatt, kemungkinan beroperasi di akhir tahun 2024, sebut  Parlindungan optimis. Menimpali hal itu, Camat Aek Songsongan, Panusunan Rambe mengatakan, dengan diadakannya event ini, PLN dan masyarakat saling bersinergi dan peduli satu sama lain.

Terpisah, GM PLN UIP SBU, Hening Kyat Pamungkas menyampaikan, event tersebut sebagai bentuk PLN menunjukkan kepeduliannya terhadap komunitas Arung Jeram Asahan dan Tobasa serta kepada masyarakat di sekitar sungai Asahan.

Atraksi peserta event rafting di sungai Asahan.

Diadakan event ini, harapannya PLN dan masyarakat dapat saling bersinergi, khususnya dalam mendukung penyelesaian PLTA Asahan III sampai beroperasi, hingga akhirnya kelistrikan yang dihasilkan dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Toba dan Asahan. (KBM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak