Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Pilihan Mata Kuliah Teknik Sipil dan Peluang Kerjanya

Mata Kuliah Teknik Sipil

Gamgado.com -  Fakultas Teknik sipil merupakan salah satu jurusan teknik tervaforit di Indonesia, hal itu bisa kita lihat dari banyaknya pendaftar yang terus meningkat di setiap tahun, mungkin anda adalah salah satunya. 

Teknik sipil adalah ruang ilmu yang mempelajari sebuah proses perancangan, pembangunan, serta perenovasian infrastruktur. Mungkin anda juga sudah mengetahui hal itu, hampir setiap Universitas memiliki jurusan Teknik Sipil.

Beberapa informasi terkait mata kuliah teknik sipil sudah kami bahas lengkap dalam artikel ini, mulai dari gelar, peluang kerja setelah lulus dan masih banyak lagi. Namun kita akan fokus pada materi mata kuliah teknik sipil.

Kita dapat melihat perkembangan insfratuktur yang ada di Indonesia. Hampir semua proyek membutuhkan teknisi yang memiliki keahlian di bidang konstruksi. Bahkan yang masih menyandang nama mahasiswa saja bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Hal itu dikarenakan betapa pentingnya peran seorang ahli teknik sipil di dalam sebuah pembangunan proyek. Yang kami maksud di sini seperti pembangunan gedung, jembatan, jalan, bendungan, taman serta proyek infrastruktur lainnya.

Mungkin anda adalah salah satu calon mahasiswa yang tengah kebingungan dalam memilih jurusan atau fakultas Mana yang harus diambil. Jika Anda berniat untuk masuk ke jurusan Teknik Sipil, maka ketahuilah lebih dulu Apa itu teknik sipil.

Apa Itu Teknik Sipil?

Mata Kuliah Teknik Sipil

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi, seorang ahli teknik sipil akan dibutuhkan didalam sebuah perancangan pembangunan gedung-gedung tingkat, jalan Dll. Mereka juga bertugas untuk mengawasi perkembangan didalam sebuah pembangunan.

Nah, pastinya anda sudah tahu dong, unsur-unsur apa saja yang akan dipelajari nantinya. Cara mudahnya seperti ini, setiap gedung yang dibangun pasti membutuhkan yang namanya semen, pasir, batu-bata, batu split dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, seorang ahli Teknik Sipil juga harus bisa menghitung dan memperkirakan modal yang akan dibutuhkan didalam sebuah proyek, Anggaplah alun-alun. Arsitek akan memberikan sebuah desain dari alun-alun yang akan dibangun kepada ahli teknik sipil.

Ahli teknik sipil juga memiliki tugas untuk menentukan unsur-unsur bangunan yang cocok dan kokoh jika digunakan. Misalnya saja bendungan, maka anda harus bisa menentukan jenis pasir, batu, besi, baja dan semen yang cocok untuk digunakan.

Daftar Mata Kuliah Teknik Sipil

Ada satu hal yang perlu Anda ingat disini, arsitek dengan teknik sipil itu berbeda ya. mungkin sebagian dari akan orang mengira bahwa hal itu sama dan memiliki mata kuliah yang sama juga, namun pada kenyataannya tidaklah demikian.

Teknik sipil dan arsitek adalah dua jurusan yang berbeda. Arsitek bertugas untuk merancang atau mendesain sebuah bangunan menyatakan modal yang diperlukan kepada tuan proyek, selanjutnya dianalisa kembali oleh ahli teknik Sipil.

Secara garis besar setiap universitas memiliki kurikulum serta fokus Mata kuliahnya masing-masing. Meskipun begitu, 30 mata kuliah jurusan Teknik Sipil di bawah ini pastinya akan anda pelajari, setelah menjadi mahasiswa.

  • Aspek hukum jasa konstruksi
  • Computer aided design
  • Manajemen kualitas konstruksi
  • Struktur bangunan tahan gempa
  • Perancangan perkerasan jalan
  • Pemetaan lanjut dan survei
  • Rekayasa lingkungan
  • Ekonomi teknik
  • Teknik pondasi
  • Dasar-dasar arsitektur
  • Konstruksi jalan
  • Utilitas bangunan
  • Manajemen konstruksi
  • Perancangan geometrik jalan
  • Struktur baja
  • Irigasi dan drainase
  • Analisis struktur
  • Rekayasa lalu lintas
  • Struktur beton
  • Rekayasa hidrologi
  • Mekanika tanah
  • Mekanika fluida & hidraulika
  • Mekanika bahan
  • Rekayasa bahan konstruksi sipil
  • Menggambar teknik
  • Matematika rekayasa
  • Kimia dasar
  • Pengantar rekayasa dan desain
  • Kalkulus
  • Fisika dasar

Gelar Lulusan Teknik Sipil

Setiap mahasiswa yang telah menjadi sarjana dari program teknik sipil akan mendapatkan gelar S.T. untuk mendapatkan gelar tersebut, maka anda harus menyelesaikan masa kuliah selama 4 tahun atau yang disingkat menjadi 8 semester.

Lalu bagaimana untuk mahasiswa dengan kelulusan dari program D3 Teknik Sipil? Mereka akan diberi gelar A.Md. untuk mendapatkannya, maka anda wajib menyelesaikan masa kuliah selama 3 tahun lamanya atau 6 semester.

Untuk Anda yang memiliki Angan atau keinginan untuk melanjutkan ke jenjang S2 jurusan teknik sipil, maka gelar yang akan didapat adalah M.T. Namun waktu yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 2 tahunan atau 4 semester.

Waktu tersebut bisa dibilang lebih pendek jika dibandingkan dengan jenjang S3 teknik sipil. Karena anda wajib menempuh waktu selama kurang lebih 3 tahun atau 6 semester lamanya. Selanjutnya gelar Dr. (Doctors) akan anda dapatkan.

Peluang Kerja Lulusan Teknik Sipil

Mata Kuliah Teknik Sipil

Pada dasarnya, setiap orang akan menentukan jurusan yang akan diambil jika seandainya memiliki peluang kerja yang bagus ke depannya nanti. Jika anda seorang ahli teknik sipil, maka berbahagialah karena terdapat banyak sekali peluang yang bisa anda raih.

Tetapi hal itu juga bergantung pada tingkat lulusan atau gelar yang anda miliki. Semakin tinggi gelar, maka peluangnya akan semakin bagus. Namun bukan berarti Yang lulusan D3 ataupun S1 tidak punya peluang pekerjaan, berikut selengkapnya.

1. Manager Konstruksi

Peluang kerja pertama yang besar kemungkinan bisa ada dapatkan adalah menjadi seorang manajer konstruksi. anda memiliki tugas dan misi untuk mengawasi serta memberikan pendapat saat melakukan konstruksi di lapangan.

Seorang manajer konstruksi akan melakukan kerjasama dengan spesialis arsitektur beserta surveyor untuk memastikan proyek pembangunan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Kamera siapa pekerjaan ini sangat cocok untuk anda yang lulus dengan program teknik sipil D3 maupun S1. Apakah S2 dan S3 tidak bisa bekerja di sini? Tentu saja bisa, sesuaikan saja dengan Apa yang sedang dibutuhkan oleh sebuah proyek.

2. Struktural Engineer

Structural engineer atau yang biasa disebut dengan Insinyur struktural memiliki tugas sebagai perancang struktur bangunan supaya kuat dari dalam hingga ke bagian luarnya. Mereka harus bisa menganalisis kondisi tanah, air dilingkungan sekitar.

Mereka yang menyandang nama sebagai Insinyur struktural wajib dapat memastikan kekokohan sebuah bangunan mulai dari dalam ke bagian luar dan dari bawah ke bagian atas bangunan, harus teliti didalam pengerjaannya.

3. Surveyor 

Untuk anda yang sedang menggeluti mata kuliah Teknik Sipil di sebuah universitas perguruan tinggi, maka peluang kerja sebagai surveyor juga bisa anda dapatkan nantinya. Setiap proyek pasti akan membutuhkan seorang Surveyor.

Surveyor memiliki tugas memastikan setiap pekerja tanpa terkecuali untuk mengikuti SOP yang ada. surveyor wajib menegur pekerja yang tidak mengikuti dan mematuhi peraturan perundang-undangan proyek pembangunan.

4. Insinyur Situs Pembangunan

Peluang kerja yang terakhir adalah menjadi seorang Insinyur atau ahli situs pembangunan. Mata kuliah Teknik Sipil dasar seperti penentuan lokasi proyek, pengawasan, pengorganisasian akan sangat dibutuhkan disini.

pemetaan atau penentuan sebuah lokasi bangunan adalah tugas dari Insinyur situs pembangunan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memahami kondisi sekitar kita akan dijadikan sebuah tempat pembangunan infrastruktur.

Akhir kata

Baiklah sobat semuanya, itulah tadi pembahasan kita mengenai mata kuliah teknik sipil beserta gelar dan juga peluang kerjanya. Bagaimana, apakah anda tertatik untuk bergelut dibidang insfratuktur bangunan?

Dibutuhkan ketekunan dan keahilan khusus untuk menjadi seorang ahli teknik sipil. 30 mata kuliah teknik sipil diatas akan membantu anda untuk memahami tentang ahli teknik sipil lebih jauh lagi, itu yang kami harapkan.

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan mengikuti kami hingga selesai. Jangan lupa berikan tanggapan anda melalui kolom komentar yang tersedia dibawah. Semoga bermanfaat, sekian dan salam.

Posting Komentar untuk "30 Pilihan Mata Kuliah Teknik Sipil dan Peluang Kerjanya"